Senin, 09 Juni 2008

Penyusunan Instrumen

Penyusunan Instrumen


Pengertian Instrumen
Instrumen penelitian adalah alat-alat yang akan digunakan untuk pengumpulan data. Instrumen ini dapat berupa kuesioner (daftar pertanyaan), formulir observasi, formulir-formulir lain yang berkaitan dengan pencatatan data dan sebagainya.

Langkah Penyusunan Instrumen
Mencari informasi dari dari kepustakaan mengenai hal-hal yang ada relevansinya dengan judul tulisan.
Menentukan jenis penelitian yang akan dilakukan (kualitatif atau kuantitatif)
Uji reliabilitas dan validitas instrument
Reliabilitas istilah yang dipakai untuk menunjukan sejauh mana suatu hasil pengukuran relatif konsisten apabila pengukuran diulangi dua kali atau lebih (Singarimbun Masri, 1989: 122).
Suatu alat ukur dikatakan mempunyai reliabilitas tinggi atau dapat dipercaya jika alat ukur itu mantap dalam artian stabil, dapat diandalkan dan dapat diramalkan. Suatu alat ukur yang mantap tidak berubah-ubah pengukurannya dan dapat diandalkan karena penggunaan alat ukur tersebut berkali-kali akan memberikan hasil yang serupa.
Menguji indeks reliabilitas dapat diuji dengan menggunakan beberapa tehnik. Teknik kesesuaian, teknik korelasi, tehnik belah dua.
Validitas menunjukan sejauh mana alat pengukur dapat mengukur apa yang ingin diukur ( Singarimbun Masri, 1989: 124). Macam validitas : validitas konstrak, validitas isi, validitas eksternal, validitas prediktif, validitas budaya, validitas muka.
Untuk meningkatkan validitas, desain percobaan harus diarahkan kepada peningkatan validitas eksternal dan validitas internal dari suatu percobaan. Untuk ini ada tiga prinsip dasar yang perlu diketahui yaitu : replikasi, randomisasi (berhubungan dengan validitas eksternal) dan kontrol internal (yang berhubungan dengan validitas internal).
Replikasi adalah pengulangan dari percobaan dasar. Randomisasi adalah pengambilan secara acak yang diambil sedemikian rupa sehingga tiap unit penelitian dari populasi mempunyai kesempatan yang sama untuk dipilih sebagai sample. Kontrol internal adalah banyaknya perimbangan, bloking, dan pengelompokan dari unit-unit percobaan yang digunakan dalam percobaan.

Jenis-jenis Instrumen
1. Test Yang dimaksud dengan metode tes adalah suatu metode yang digunakan untuk mengetahui pengetahuan yang dimiliki seseorang dengan menggunakan soal – soal isian dengan batasan tertentu. Tes digunakan untuk mengukur ketrampilan, pengetahuan intelegensi kemampuan atau bakat yang dimiliki oleh individu atau kelompok dan sebagainya yang telah dipilih dengan sempurna dan standart tertentu.Metode tes yang digunakan pada ini adalah ulangan harian yang dilakukan pada akhir siklus guna memperoleh data yang diinginkan.
2. Angket /Kuisioner Metode angket adalah suatu metode pengumpulan data dengan jalan mengajukan suatu daftar pertanyaan tertulis kepada sejumlah individu dan individu yang diberi daftar pertanyaan tersebut diminta untuk memberikan jawaban secara tertulis pula. Pada penelitian ini digunakan sejumlah angket langsung dan tertutup. Dikatakan angket langsung, karena individu yang diberi agket tersebut adalah orang yang diinginkan langsung datanya yaitu siswa. Dikatakan angket tertutup, karena pertanyaan – pertanyaan dalam angket sudah disediakan alternatif – alternatif jawaban dan siswa tinggal memilih salah satu jawaban tersebut. Pada penelitian ini metode angket digunakan untuk mengetahui pendapat siswa terhadap pelajaran matematika terutama pada pokok bahasan Logika Matematika. Sedang angket yang digunakan adalah angket langsung dan tertutup .
3. Observasi.Didalam pengertian psikologi, observasi atau yang disebut dengan pengamatan, meliputi kegiatan pemusatan perhatian terhadap obyek dengan menggunakan seluruh alat indra. Jadi mengobservasi adalah pengamatan langsung melalui penglihatan, penciuman, pendengaran, peraba dan pengecap. Disini guru sebagai peneliti melakukan pengamatan terhadap segala fenomena yang muncul dalam setiap siklus. Kehadiran guru sebagai penelitidan kolaborator tidak diketahui obyek penelitian, karena observasi yang dilakukan adalah obserasi partisipasif dalam bentuk team teaching. Teknik observasi yang dilakukan dalam penelitian ini adalah observasi dengan menggunakan format yang sudah disiapkan sehingga kolaborator (check list) pada lembar observasi.(Ö) tinggal memberi tanda.
4. Wawancara
Wawancara merupakan suatu proses interaksi dan komunikasi. Dalam proses ini, hasil wawancara ditentukan oleh beberapa factor yang berinteraksi dan mempengaruhi arus informasi.Faktor-faktor tersebut ialah pewawancara, responden, topic penelitian yang tertuang dalam daftar pertanyaan, dan situasi wawancara.
5. Student’t Evaluation of Educational Quality
Instrumen SEEQ (Student’s Evaluation of Educational Quality) dikembangkan oleh Marsh (1982) dan dirancang untuk mengukur keefektifan pengajaran, dan pada dasarnya mengukur mutu interaksi antara fakultas dengan mahasiswa terutama selama berada di kelas dan pada saat mentransfer informasi dari fakultas kepada mahasiswa atau memotivasi mahasiswa dalam proses pembelajaran.
6. Servperf
Instrumen SERVPERF dikembangkan sebagai kritik terhadap instrumen SERVQUAL (Cronin & Taylor, 1992) dan digunakan untuk mengukur kinerja mutu layanan dalam industri jasa. Beberapa peneliti bidang pendidikan mengadopsi SERVPERF untuk digunakan dalam bidang pendidikan diantaranya Baron (2000), Holdford & Reinders (2001).
7. Adult Classroom Environment Scale
Adult Classroom Environment Scale (ACES). Darkenwald dan Valentine (1986), mencatat kurangnya data penelitian dalam lingkungan psikososial pembelajaran di kelas untuk pendidikan orang dewasa. Menurut mereka ditemukan banyak fakta bahwa skala lingkungan pembelajaran di kelas yang ada dirancang hanya untuk kelas-kelas pada sekolah dasar dan menengah dan itu tentu tidak valid untuk penelitian yang ditujukan untuk pendidikan orang dewasa.
8. Cucei
Instrumen CUCEI . Fraser et al. (1996) telah mengembangkan suatu instrumen lingkungan pembelajaran di kelas di tingkat universitas atau sekolah tinggi, yakni kuisener College and University Classroom Environment Inventory disingkat CUCEI. Sebagai mana instrumen yang sejenis merupakan skala yang dapat memprediksi hasil belajar siswa dengan apa yang terjadi pada lingkungan pembelajaran di kelas, dan juga mencerminkan pandangan baru dalam belajar secara kognitif.
Wihic
Instrumen WIHIC. Fraser et al. (1996) telah mengembangkan suatu instrumen lingkungan pembelajaran yang baru, yakni kuisener ‘What is Happening in this Class’ (Apa yang sedang terjadi di Kelas ini) disingkat WIHIC. Instrumen ini merupakan skala yang dapat memprediksi hasil belajar siswa dengan apa yang terjadi pada lingkungan pembelajaran di kelas, dan juga mencerminkan pandangan baru dalam belajar secara kognitif
Contoh-contoh instrumen
1. Tes
Untuk mengetahui pengetahuan seseorang tentang globalisasi dan lingkungan teknologi, bisa diajukan tes sebagai berikut :
a) Apa saja penyebab globalisasi itu ?
b) Identifikasikan hasil karya dan pemikiran yang sudah melembaga dalam masyarakat kita !
c) Apa saja pengaruh globalisasi itu terhadap budaya atau kehidupan masyarakat kita ?
d) Apa prediksi anda tentang budaya masrakat masa depan !
e) Teknologi apa dan apa peranannya dalam proses globalisasi

2. Angket
Contoh angket tingkat kepuasan kerja seorang karyawan dalam perusahaan
Variabel : Kepuasan Kerja
Jawaban : SM : Sangat Memuaskan (5)
M : Memuaskan (4)
CM : Cukup memuaskan (3)
KM : Kurang Memuaskan (2)
TM : Tidak memuaskan (1)
NO
Butir Pertanyaan
Pendapat Saudara
SM
M
CM
KM
TM
1
Tingkat Kehadiran anda dalam bekerja selama ini





2
Perasaan anda dalam melaksanakan pekerjaan sehari-hari





3
Suasana Lingkungan kerja anda





4
Hubungan anda dengan atasan anda selama ini





5
Pendapat anda mengenai kegiatan yang diadakan oleh perusahaan seperti Saff Outing, training, employee of month selama ini.





6
Tingkat partisipasi anda dalam kegiatan yang dilakukan perusahaan selama ini





7
Anda bermaksud untuk bertahan di perusahaan ini selamanya.






3. Observasi
Contoh lembar observasi “Sekolah Sehat”
No
Uraian
Ada
Tidak
Keadaan
1
Tempat Sampah



2
UKS



3
Kantin



4
Toilet



5
Wastafel



6
Dst







4. Wawancara
Wawancara tentang modal dasar personal menjadi guru
a. Latar belakang orientasi menjadi guru
1) Semula coba-coba lalu suka
2) Karena alasan tak jelas
3) Pilihan profesi terakhir
4) Pilihan tidak sengaja
5) ….


b. Komitmen Profesional personal
1) Mengajar = profesi match guna
2) Meraih kepuasan batin
3) Enjoy menjalani profesi guru
4) Motivasi mengajar tinggi
5) ….


c. Kultur Kepribadian dasar
1) Konsisten jadi teladan
2) Idealistis dan rasionalis
3) Bijaksana, adil seimbang
4) Selalu butuh membaca
5) ….


d. Kultur akademik
1) Motivasi prestasi tinggi
2) Konsisten jaga disiplin
3) Nalar ilmiah – intelektual
4) Menerapkan teori dan ilmu
5) …


e. Kultur global
1) Wawasan selalu terbaru
2) Berpikir dinamis – actual
3) Profesional meningkat
4) Berpikir Global – Futuristik
5) ….


5. SEEQ
Variabel :
Jawaban : SS : Sangat Setuju (5)
S : Setuju (4)
CS : Cukup Setuju (3)
TS : Tidak Setuju (2)
STS : Sangat Tidak Setuju (1)
NO
Butir Pertanyaan
Pendapat Saudara
SS
S
CS
TS
STS
1
Learning





2
Antusiasm (Antusias dosen dalam pengajaran)





3
Organization





4
Group Interaction





5
Individual Rapport





6
Breadth of Coverage





7
Grading examination (berkaitan dengan ujian dan penilaian)





8
Reading / Assigments (berkaitan dengan pemberian tugas dan rujukan)





9
Workload / Difficulty (beban kerja / kesulitan yang dihadapi mahasiswa )






6. SERVPERF
Jawaban : SS : Sangat Setuju (5)
S : Setuju (4)
CS : Cukup Setuju (3)
TS : Tidak Setuju (2)
STS : Sangat Tidak Setuju (1)


NO
Butir Pertanyaan
Pendapat Saudara
SS
S
CS
TS
STS
1
Tangible (berkaitan dengan penampilan fisik lembaga, peralatan, staf, dan sarana komunikasi.





2
Reliability (berkaitan dengan kemampuan staf lembaga untuk memberikan layanan sebagaimana yang dijanjikan, terpercaya, akurat dan konsisten).





3
Responsiveness (kemauan untuk membantu pelanggan (mahasiswa) dan memberikan layanan dengan cepat.





4
Assurance (kemampuan staf lembaga untuk memberikan kepercayaan kepada pelanggan (mahasiswa) melalui rasa hormat dan pengetahuan yang mereka miliki.





5
Emphaty (perhatian staf lembaga yang diberikan kepada pelanggan (mahasiswa) secara individu






7. ACES
Jawaban : SS : Sangat Setuju (5)
S : Setuju (4)
CS : Cukup Setuju (3)
TS : Tidak Setuju (2)
STS : Sangat Tidak Setuju (1)

NO
Butir Pertanyaan
Pendapat Saudara
SS
S
CS
TS
STS
1
Affiliation sejauh mana para siswa saling berhubungan secara positif satu setuju.





2
Teacher Support sejauh mana guru memberikan bantuan, dorongon, tampak bersahabat, dan memberikan perhatian kepada siswa.





3
Task Orientation sejauh mana guru tetap berfokus pada tugas dan presentasi





4
Personal Goal Attainment sejauh mana guru sangat luas memberikan peluang untuk siswa untuk mengejar minat mereka secara individu.





5
Organization and Clarity sejauh mana kegiatan kelas disampaikan dengan jelas dan diorganisir dengan baik.





6
Student Influence sejauh mana guru mengajar dengan berpusat pada siswa dan mempersilahkan para siswa untuk berpartisipasi dalam memutuskan rencana pembelajaran.





7
Involvement seberapa jauh kepuasan siswa dipenuhi dan berpartisipasi dengan aktif dan menaruh perhatian dalam suatu kegiatan.







8. CUCEI
Jawaban : SS : Sangat Setuju (5)
S : Setuju (4)
CS : Cukup Setuju (3)
TS : Tidak Setuju (2)
STS : Sangat Tidak Setuju (1)





NO
Butir Pertanyaan
Pendapat Saudara
SS
S
CS
TS
STS
1
Personalisation : beberapa hal yang berkaitan dengan perhatian Dosen kepada mahasiswa, seperti mudah ditemui (approachable), suka menolong (helpful), mau mendengarkan (responsive), mampu menjelaskan (able to explain), mudah dihubungi (accessibility)





2
Innovation : beberapa hal yang berkaitan dengan pengajaran (lectures), penilaian (assessment), sumber belajar dan pendekatan cara mengajar (resources and teaching approaches),





3
Student Cohesion : sejauh mana mereka saling memahami, saling menolong dan memberikan dorongan antara seorang mahasiswa dengan mahasiswa yang lain.





4
Task Orientation : sejauh mana para mahasiswa memandang semua kegiatan pembelajaran penting, seperti menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan Dosen dan tetap berfokus pada pelajaran,





5
Cooperation : sejauh mana para mahasiswa bekerja sama dan bukannya bersaing satu sama lain dalam tugas-tugas yang diberikan pada suatu pelajaran, Individualisation.





6
Equity : sejauh mana para mahasiswa diperlakukan setara, atau sederajad oleh Dosen dalam proses pembelajaran.






9. WIHIC
Variabel :
Jawaban : SS : Sangat Setuju (5)
S : Setuju (4)
CS : Cukup Setuju (3)
TS : Tidak Setuju (2)
STS : Sangat Tidak Setuju (1)


NO
Butir Pertanyaan
Pendapat Saudara
SS
S
CS
TS
STS
1
Kekompakan Siswa (Student Cohesiveness) : sejauh mana mereka saling memahami, saling menolong dan memberikan dorongan antara satu siswa dengan siswa yang lain





2
Dukungan Guru (Teacher Support) : sejauh mana para guru membantu siswa, bersahabat, percaya dan menaruh perhatian pada siswa.





3
Keterlibatan Siswa (Involvement) : sejauh mana para siswa mempunyai minat dan perhatian, berpartisipasi dalam diskusi, serius mengikuti dan menikmati proses pembelajaran di kelas





4
Arahan Tugas (Task Orientation) : sejauh mana para siswa memandang semua kegiatan pembelajaran penting, seperti menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan guru dan tetap berfokus pada pelajaran.





5
Penyelidikan (Investigation) : sejauh mana ketrampilan, proses pemeriksaan, dan menggunakan mereka ditekankan dalam memecahkan masalah dan penyelidikan.





6
Kerjasama (Cooperation) : sejauh mana para siswa bekerja sama dan bukannya bersaing satu sama lain dalam tugas-tugas yang diberikan pada suatu pelajaran





7
Kesetaraan (Equity) : sejauh mana para siswa diperlakukan setara, atau sederajad oleh guru dalam proses pembelajaran Kesetaraan (Equity) : sejauh mana para siswa diperlakukan setara, atau sederajad oleh guru dalam proses pembelajaran





3 komentar:

Ina Widya mengatakan...

Pak Rakim tersayang, saya dari Yayasan Pupuk Kaltim , Sekolah kami butuh instrumen angket kepuasan dan harapan pelanggan / orang tua siswa.Apakah bapak bisa memberi contoh..Please tolongin dech...

Ali mengatakan...

Terimakasih atas ilmu pengetahuan yang sudah di bagikan disini secara cuma-cuma bapak,,

guru di sekolah, guru di internet juga.. :)

Ranu June mengatakan...

thanks... for this knowledge...
it very help me...